Menjadi Kaya dengan Uang yang Kamu Miliki, Berikut Caranya

- Rabu, 2 Maret 2022 | 08:28 WIB
Tips menjadi kaya (SM/Dok)
Tips menjadi kaya (SM/Dok)

EKONOMI, suaramerdeka-kedu.com - Banyak orang orang berpikir bahwa menyisihkan uang untuk tagihan yang menghabiskan sebagian besar pendapatan. Namun, rencana itu seringnya tidak berjalan dengan baik.

Tagihan telah menjadi beban bagi banyak orang. Mereka menyisihkan uang untuk tagihan yang menghabiskan sebagian besar pendapatan. Untuk menyiasati hal ini, menurut Ariely, seluruh tagihan perlu dibayar saat pertama kali menerima gaji.

Ariely mencontohkan dua orang dengan gaji dan tagihan yang sama. Orang pertama membayar tagihan ketika pertama kali menerima gaji, sedangkan orang kedua membayarnya 20 hari setelah menerima gaji.

Tentu orang kedua akan merasa kaya hingga hari ke-19 setelah menerima gaji. Sedangkan orang pertama bisa merasa kaya dengan sisa uang yang dimilikinya.

Baca Juga: Harga BBM dalam Negeri Jadi Terdampak Geopolitik Rusia dan Ukraina

"Mereka sebenarnya tidak lebih kaya. Hanya saja, uangnya belum keluar," kata Ariely.

Selain itu, membayar tagihan di awal-awal, menurut dia, perlu membuat akun terpisah untuk pengeluaran besar. Hal ini bisa membantu untuk memahami banyaknya uang yang sebenarnya dimiliki.

Ketimbang menyusun anggaran, bagi Ariely, lebih baik melakukan evaluasi seluruh pengeluaran. Hal ini karena menyusun anggaran pengeluaran tidak mudah.

Dia mencontohkan, kopi biasanya masuk dalam satu kategori dan belanja supermarket masuk dalam kategori lain. Padahal yang lebih baik adalah tidak mengkategorikan kedua anggaran tersebut.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X